Georafis dan Letak wilaya Kabupaten Kepulauan Mentawai


          Secara geografis dan administrasi wilaya, Kabupaten Kepulauan Mentawai mempunyai luas sebesar 6.011,35 Km2 dan panjang garis pantai 1.402,66 Km2. Posisi dan letak geografis menunjukan bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai merupan daerah kepulauan yang letaknya terpisah dari kota dan Kabupaten Provinsi Sumatera Barat.
 

            Kepulauan Mentawai merupakan gugusan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Di antara pulau-pulau tersebut terdapat 4 pulau yang relatif besar yang menjadi tempat hunian masyarakat Mentawai, diantara empat pulau tersebut antara lain Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan.

PENDUDUK ASLI MENTAWAI

           Masyarakat kepulauan mentawai terdiri dari suku Mentawai sebagai penduduk asli masyarakat tersebut, namun saat ini masyarakat Mentawai sudah mulai berbaur dengan masyarakat pendatang seprti dari suku Jawa, suku Minang, Suku Nias, suku Batak dll.

           Secara umum masyarakat asli penduduk Mentawai banyak bermukim di daerah pinggiran hulu sungai dan bermata pencarian sebagai petani, berladang dan beternak.


Comments

Popular posts from this blog

Makan Ulat Sagu Mentah Menjadi Tradisi Warga Mentawai

ORANG MENTAWAI